Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cepat Menghafal Kosakata Bahasa Jepang

Tips Cepat Menghafal Kosakata Bahasa Jepang

Tips Cepat Menghafal Kosakata Bahasa Jepang. Menjadi salah satu bahasa asing yang cukup banyak digemari, tak heran jika bahasa Jepang cukup populer di luar negara asalnya. Hal inilah yang mendorong besarnya minat publik sehingga mereka tertarik untuk mempelajarinya. Jika minasan merupakan salah satu di antaranya, mungkin tidak ada salahnya jika mencoba menerapkan tips menghafal kosakata bahasa Jepang dengan cepat berikut ini.

Sebagian orang beranggapan tidak mudah menghafal kosakata bahasa Jepang. Selain karena hurufnya yang berbeda, yakni menggunakan huruf hiragana, katakana, dan kanji, cara pelafalan bahasa Jepang juga berbeda. 

Namun demikian, mudah tidaknya penghafalan kosakata bahasa Jepang tidak ditentukan oleh karakter hurufnya yang berbeda secara umum. Sebab keunikan bahasa ini justru akan memudahkan minasan dalam mengingat dan membedakan antar kosakatanya. 




Tips Menghafal Kosakata Bahasa Jepang Dengan Cepat

Dalam belajar bahasa asing, kemampuan menghafal kosakata memang sangat penting. Termasuk seberapa cepat kemampuan minasan dalam menghafal kosakata bahasa Jepang. Untuk itu, berikut tips yang bisa minasan coba untuk meningkatkan kecepatan minasan dalam menghafal.

1. Menguasai Huruf Hiragana, Katakana, Dan Kanji

Dasar kemampuan menghafal kosakata bahasa Jepang tidak lepas dari penguasaan terhadap kombinasi 3 huruf utama, tak lain hiragana, katakana, dan kanji. Tanpa adanya kemampuan mengingat huruf-huruf ini, bukan tidak mungkin minasan akan kesulitan menghafal setiap kata demi kata. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memahami ketiga macam huruf tersebut. minasan bisa memulainya dengan memilah huruf yang paling sering keluar atau digunakan pada kata-kata familiar. Buatlah daftar huruf tersebut sehingga minasan bisa lebih mudah untuk menghafal.

2. Mampu Mengeja Tulisan Bahasa Jepang

Kesalahan besar penyebab sulitnya orang menghafal kosakata bahasa Jepang adalah minimnya kemampuan mengeja. Setelah minasan merasa cukup dengan modal penguasaan tehadap huruf-huruf Jepang, langkah berikutnya adalah belajar mengeja dengan baik dan benar. Menghafal kosakata bahasa apapun cenderung mudah jika minasan lancar dalam membaca tulisan kata per kata. Juga akan lebih baik jika minasan juga mampu melafalkannya melalui lisan secara fasih. Sebab dengan begitu minasan dapat menghafal kosakata bahasa Jepang melalui audio visual.

3. Memilah Kosakata Yang Paling Umum Digunakan

Setiap bahasa apapun memiliki deretan kosakata yang sering muncul, baik dalam bentuk tulisan maupun lisan. Cara ini sangat efektif jika minasan mampu memaksimalkannya. Untuk menelusuri daftar kosakata tersebut, minasan dapat menemukannya di kamus bahasa Jepang atau mencarinya di internet. Akan ada banyak pilihan kata yang wajib minasan hafal terlebih dulu. Dari kosakata inilah kemampuan menghafal kosakata bahasa Jepang jadi lebih cepat. Apabila minasan kesulitan menelusuri daftar kosakata bahasa Jepang yang sering digunakan, tidak ada salahnya mencari kosakata bahasa Indonesia kemudian diterjemahkan. Sebab penggunaan kosakata pada setiap bahasa relatif sama.

4. Menggunakan Bantuan Media Flashcards

Media flashcards cukup populer di kalangan penggemar bahasa Jepang yang sedang belajar. Dikenal cukup efektif membantu mempercepat kemampuan menghafal kosakata bahasa Jepang, keberadaan flashcards juga cukup mudah untuk peroleh.  Media satu ini dapat berbentuk fisik berupa kartu atau digital berupa gambar/foto. Jika minasan berminat, kartu ini bisa diperoleh minasan bisa mengunduhnya dari internet dan mencetaknya sendiri. Perhatikan pula flashcards yang akan digunakan. Pastikan minasan memilih kartu yang terdapat kosakata familiar untuk mempercepat menghafal kosakata bahasa Jepang. 

5. Memanfaatkan Media Hiburan Ala Jepang

Tips agar cepat menghafal kosakata bahasa Jepang berikutnya adalah dengan melalui media hiburan. Tentu dengan karakter atau ciri khas yang identik akan bahasa Jepang. Cara ini bisa minasan coba dengan memanfaatkan media game di smartphone, menonton film Jepang tentang pendidikan, atau dengan mendengar lagu jika kemampuan memahami interaksi berbahasa Jepangmu cukup baik. Banyak hal yang bisa diaplikasikan melalui media hiburan jika orientasimu adalah untuk menghafal kosakata bahasa Jepang. Tentu saja setiap media hiburan ditentukan oleh selera minasan sendiri. Sebab tidak semua media cocok dijadikan sebagai metode paling tepat bagi beberapa kalangan.

6. Menentukan Target Pencapaian Hafalan

Penentuan target hafalan kosakata dinilai penting setiap kali minasan belajar bahasa asing. Dengan cara ini minasan akan melihat seberapa cepat kemampuan mengingat dan menghafal kosakata bahasa Jepang yang baru dari waktu ke waktu. Dengan melihat hasil melalui tolak ukur ini, minasan harus melakukan evaluasi secara rutin, untuk mengetahui beberapa hal yang harus diperbaiki. Pastikan target pencapaian yang minasan tetapkan sebanding dengan kapasitasmu dalam menghafal kosakata bahasa Jepang. Buatkan rentang pencapaian yang sekiranya tidak membebani agar tidak menurunkan kualitas mengingat kosakata yang telah dihafalkan.

7. Mendaftar Pendampingan Les Bahasa Jepang

Tips lain untuk mempercepat menghafal kosakata bahasa Jepang yakni dengan dibantu oleh pembimbing. Minasan bisa mendaftar kursus bahasa atau meminta bantuan orang yang sudah mahir berbahasa Jepang. Melalui pendampingan ini minasan akan lebih mudah untuk belajar dan meningkatkan kapasitasmu. Memang tidak wajib bagi minasan yang ingin belajar bahasa Jepang secara otodidak. Namun, akan lebih baik jika menggunakan bimbingan khusus agar mampu menguasai bahasa Jepang lebih cepat.

Demikian tips cepat menghafal kosakata bahasa Jepang yang dapat minasan coba. Supaya dapat lebih maksimal, sangat disarankan agar minasan meluangkan waktu khusus yang diperuntukkan belajar bahasa asing khusus nya bahasa jepang. Setidaknya jika minasan memberikan durasi 1-3 jam atau paling sedikit 30 menit saja di setiap harinya untuk belajar agar lebih matang. 

Sebagai tambahan, cobalah untuk mengikuti uji kemampuan bahasa Jepang seperti kuiz, ujian bahasa, maupun lainnya. Karena semakin sering minasan mengasah kemampuan bahasamu sendiri, semakin baik pula untuk mengetahui letak kekurangan yang perlu diperbaiki dan kelebihan yang harus dikembangkan. Jika ada yang ingin di tanyakan silahkan tulis di kolom komentar. Terima Kasih Ganbattekudasai


1 comment for "Tips Cepat Menghafal Kosakata Bahasa Jepang "