Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Sukses Orang Jepang

Kunci Sukses Orang Jepang

Kunci Sukses Orang Jepang. materi ini berdasarkan pengalaman saya selama hidup di jepang. Jepang ialah negara yang paling maju yang dibarengi dengan keterdisiplinan dan keuletan serta kejujuran penduduknya. ternyata dibalik jepang menjadi negara maju ada beberapa rahasia sukses orang jepang yang akan saya jelaskan di materi ini. jaa hajimemashou




① Hidup Mandiri Sejak Usia Dini

Di Jepang, semenjak usia dini anak-anak dilatih untuk berdikari. Bahkan juga seorang anak TK diwajibkan bawa 3 tas besar berisi baju ganti, makanan perbekalan, sepatu, beberapa buku, handuk dan sebotol besar minuman yang menggantung di lehernya. Terlepas SMA dan masuk perguruan tinggi hampir semua tidak minta ongkos ke orangtua. Umumnya mereka kerja part time「アルバイト」 untuk ongkos sekolah dan kehidupan setiap hari. jika kekurangan uang, mereka "pinjam" uang ke orangtua yang nanti akan mereka balikkan pada bulan selanjutnya.

② Budaya Malu Serta Saling Menghargai

Malu ialah budaya nenek moyang dan turun-temurun bangsa jepang. Misalnya sikap malu yang paling fantastis di Jepang ialah harakiri, yakni bunuh diri dengan menusukkan pisau/pedang ke perut. Ritual ini ada semenjak zaman samurai, yang sudah dilakukan saat mereka kalah dalam pertarungan. Di zaman kekinian ini, sikap malu yang diperlihatkan warga Jepang misalnya "mengundurkan diri" melakukan atau terkena isu korupsi atau berasa tidak berhasil jalankan pekerjaannya. Mereka malu pada lingkungannya sebab mereka menyalahi ketentuan. atau etika yang menjadi persetujuan umum. sikap menghargai respect juga sangat dijunjung tinggi sama orang jepang, mereka selalu mengucapkan salam ketika melakukan apapun, tidak mengganggu privasi orang lain, tidak rasis, kalau salah ya cepat untuk meminta maaf bukan malah saling tuduh, dan lain - lain. 

③ Tidak Mudah Menyerah

Jepang ialah bangsa yang tidak mudah menyerah. Bisa dibuktikan, saat musibah terjadi pada tahun 1945, dimulai dari bom atom di hiroshima dan nagasaki , diikuti dengan kalah perangnya jepang, dan ditambahkan karena ada gempa bumi besar di Tokyo, Dalam kurun waktu sekian tahun saja, Jepang telah sukses membuat industri otomotif serta kereta cepat (shinkansen). Tapi sekarang bisa minasan perhatikan bahwa negara jepang menjadi salah satu penguasa ekonomi dunia disektor industri otomotif, dan lain - lain.

④ Kesetiaan, Kerja Keras Serta Kerja Sama

Kesetiaan, kerja keras serta kerja sama. Orang jepang selalu memegang prinsip ini, mereka akan loyal dan setia kepada pekerjaannya serta perusahaan tempat mereka bekerja, selalu mengedepankan kerja sama bukan individual. Mereka selalu menerapkan HORENSO dalam kehidupan merepa maupun disaat bekerja. Jam mulai bekerja di jepang rata - rata pada pukul 08:00 pagi sampai dengan pukul 05:00 sore itu belum termasuk lembur. Terbukti berdasarkan pengalaman saya, banyak pekerja dari orang jepang yang sudah bekerja di perusahaan itu selama puluhan tahun, bahkan saya pernah mendengar cerita mereka kalau mereka baru pertama kali bekerja ditempat itu dari usia 19 tahun sampai usia 67 tahun, tanpa mereka berpindah - pindah tempat untuk bekerja. hal ini lah yang membuat semua perusahaan jepang bahkan negara jepang produk yang dihasilkan dari segi kualitas serta kuantitas mampu bersaing di dunia.


Itu lah minasan rincian karakter dan sikap warga jepang yang membuat mereka dapat maju dan sukses seperti sekarang ini. Sebetulnya tidak susah untuk diterapkan dalam diri kita. Bangsa kita juga tentu dapat melakukan, asal ada tekad. Percayalah satu saat kita dapat semakin lebih maju dari jepang. asalkan kita merubah diri kita sendiri untuk berdisiplin mulai dari sekarang semisal : kalau bekerja tepat waktu, profesional dalam bekerja, jujur, serta hindari mengandalkan orang dalam dalam hal apapun, hehe :D semoga artikel ini dapat memberi gambaran kepada minasan sekilas tentang rahasia sukses orang jepang. Terima Kasih Ganbattekudasai

Post a Comment for "Kunci Sukses Orang Jepang"